Jumat, 10 Juni 2011

UNSUR INSTRINSIK
Tema   : Perjalanan luar negeri
Tokoh : Ayah, ibu, kakak, abang, paman dan buk marry
Setting : Di luar negeri (hongkong)
Alur     : Maju mundur

Penyelesaian : Kebahagiaan

KERANGKA
1. Persiapan Keuangan
     - Untuk berbelanja di luar negeri
     - Untuk biaya transportasi ( tiket kapal, tiket pesawat dan lain sebagainya)
     - Untuk biaya bermain
     - Untuk biaya makan
     - Untuk biaya Tourguide
2. Persiapan tourguide
     - Untuk membawa aku Keluar Negeri
     - Untuk memperkenalkan sejarah, kebudayaan, dan makanan khas di luar negeri
     - Untuk membantu aku translet kan bahasa yang asing
3. Persiapan Pasport
    - Sebagai tanda datangnya aku dari Negara yang lain (Untuk di cap di luar negeri)

Tema :  Perjalanan Di Luar Negeri

LIBURAN KE HONGKONG

Tahun 2007 “aku sangat bahagia” ketika orang tuaku mengatakan pada liburan tahun ini akan mengajak ku berjalan-jalan selama 4 malam 5 hari kehongkong dengan ibu,kakak,paman,abang, dan ayah.setelah saya mendengar informasi dari ayahku, pada besok harinya segera belajar bahasa inggris dalam percakapan sehari-hari, karena aku tau bahwa kalau ke hongkong pasti bahasa inggrisnya bisa bermanfaat untuk aku..
Tanggal 16 oktober 2007 yang mendekati hari raya idul fitri yang ke 1428H, aku dengan ayah,ibu,kakak, abang,dan paman berangkat ke singapura dari tanjung balai karimun pada pagi harinya. Setelah tiba di singapura aku makan di ruang caffe sambil menunggu tourguide aku yang bernama buk marry dari batam yang akan mengajak aku ke hongkong.
Tepat pada siang harinya ketika pukul 01.05p.m aku sudah berada di bandara changi airport di singapura bersama ayah,ibu,abang,paman,dan kakak. Aku menunggu buk marry yang akan membelikan tiket pesawat.sambil menunggu buk marry,aku dan keluargaku berfoto-foto, karena bandara tersebut sangat indah pemandangannya,dan ayahku pergi ke tempat bagasi untuk meletakkan koper yang aku bawa. setelah selesai semua administrasi, aku pergi menuju ke ruang tunggu untuk menaiki pesawat.
pada pukul 03.45p.m,yang membuat ku tidak menyangka rupanya pada waktu menuju ke check in plane aku terjatuh karena waktu aku menaiki escalator buk marry mengatakan bahwa waktu check in plane tidak boleh membawa air ke dalam pesawat,jadi pada waktu itu aku langsung mengambil botol yang masih penuh dengan air, segera meminumnya dan kepala aku menghadap ke belakang,nah…. Inilah yang membuat aku jatuh karena aku tidak melihat jalan di depan. Untungnya, air tersebut sudah aku minum habis, sehingga baju ku tidak kebasahan.
Setelah kejadian itu, aku langsung memasuki check in yang ketat sekali dan waktu check in tersebut aku memiliki masalah pada tubuh, tapi setelah di check nya benar-benar, akhirnya aku selamat. setelah chek in, aku tunggu di ruang in the plane.sambil menuggu, aku jadi penasaran terhadap pesawat yang aku naiki bernama “cathay pacific” itu bentuk dalam pesawatnya istimewa gak y…? Tepat pukul 03.15p.m aku memasuki pesawat tersebut dan ditunjukkan tempat duduk dengan pramugari.setelah mendapati tempat duduk aku langsung meletakkan tas, dan langsung aku mencari wc karena tadinya aku minum air terlalu banyak. Setelah aku membuang air kecil aku menuju tempat duduk ku dan aku melihat Eh….. siapa yang duduk sama aku (makin mendekatinya) oh… rupanya kakak aku,dan aku langsung duduk.
Wah… yang membuat aku kaget yaitu aku melihat ada tv, ini yang membuat aku sangat gembira.
Tepat pada pukul 03.45p.m pesawat yang aku naiki sudah terbang, tapi aku tidak bosan di dalam pesawat karena memiliki pramugari yang melayani aku. Apa yang aku inginkan bisa di berikannya.
Dua jam kemudian aku sedang menikmati makanan yang di berikan pramugari dengan adanya sayur salad, es krim, roti, mentega, dan steak fish. Aku sambil makan sambil melihat televisi dan aku merasa gembira sekali karena baru pertama kali ini aku menduduki pesawat yang mewah ini dengan kakak ku.
Pada pukul 08.06p.m aku tiba di hongkong dengan selamat dan membuat hati ku senang sekali, tapi yang membuat ku lemah sekali yaitu aku harus menunggu dua orang yang sekarang lagi di perjalanan udara menuju ke hongkong.
Tapi semua ini tidak menjadi masalah besar bagi aku, yang penting agar perjalanan bisa berjalan dengan lancar menunggunya agak lama pun gak apa-apa.
Tepat pukul 03.45 aku baru lah sampai di hotel shenzen dengan badan yang sangat lelah.

Besok harinya HARI KEDUA di hongkong
Pada pukul 05.00a.m aku bangun tidur dan bersedia untuk sarapan di restoran hotel. Ketika aku tiba di restoran tersebut aku kaget sekali melihat makanan yang bergizi seperti ini. Karena sebelumnya aku tidak pernah merasakan kenikmatan yang mewah seperti ini. Tepat pukul 06.30a.m aku sudah berjalan jalan dengan ayah, ibu, abang, kakak, dan paman. Pertama kalinya aku pergi ke tempat pengenalan obata-obatan dan bahan magnet yang ada di shenzen. Sambil menuju lokasi tersebut, di perjalanan tourguide nya menceritakan kata-kata yang lucu kepada aku. Bahwa tourguide mengatakan “ ada seorang suami istri jalan-jalan ke kota ini didalam kopernya bukan hanya membawa baju, tapi juga membawa cedokan air untuk mandi di kamar mandi hotel tersebut. Karena mereka takut tidak bisa menggunakan shower maka mereka membawakan cedokan air agar pada waktu mandi tidak repot-repot. Dan ada juga seorang wanita mengatakan ke tourgide bagaimana menggunakan shower di kamar mandi karena semalam harinya saya mandi menggunakan gelas untuk gosok gigi selama 3 jam baru selesai mandi”.
( sambil ketawa, aku gak menyangka sudah sampai di lokasi) aku mendengar wawancaranya orang itu dan melihat obat-obatan yang sangat beharga di kotanya mereka sambil mengetahui bahan bahannya tersebut, kemudian orang tua ku mencoba teh dari daun obat china dan merasakannya. Oh… rupanya teh tersebut sangat enak dan bagus buat tubuh sehingga orang tua ku membeli kannya. Setelah 3 jam lebih, aku berganti lokasi, untuk selanjutnya aku pergi ke tempat penghasilan magnet dan mendengar orang itu ceramah tentang magnet batuan, “sebenarnya batuan tersebut bisa membawa keberuntungan bagi keluarga aku” (orang tua ku sambil melihat batu magnet ini, menjadi makin tertarik dan beli untuk di pandang di rumah. Setelah aku pergi mengunjungi berbagai tempat wisata aku pergi makan yang sudah di tentukan buk marry, aku makan sangat senang dan kenyang, juga merasakan makanan khas yang ada di shenzen.
Setelah aku makan aku melanjutkan perjalanan yang di dampingi buk marry untuk ke tempat sekeliling dunia melihat keajaiban dunia di WSA shenzen. Aku melihat ada menara aifel, kepala manusia berbadan singa dan lain sebagainya. Selanjutnya aku berfoto-foto dan bermain di WSA shenzen hingga malam.

Besok harinya HARI KETIGA DI HONGKONG
Hari ini aku mengunjungi beberapa tempat wisata di shenzen yaitu salah satunya barang-barang antik, orang nya tersebut mengajari aku “bagaimana emas yang nyata dan emas yang bukan nyata ( palsu)”,setelah di ajari, aku sekarang sudah bisa mengetahui bagaimana barang emas yang bagus maupun yang tidak bagus. Setelah aku mengunjungi tempat tersebut, aku bersama ayah, ibu, kakak, abang,dan paman langsung menuju ke hongkong build yang sangat indah pemandangannya karena tempatnya memiliki cap tangan artis-artis hongkong yang dibuat di lantai, patung-patung yang terbuat dari batu, dan air laut yang indah. Pada waktu aku di lokasi tersebut aku merasa sepertinya pernah lihat di tv.
Lalu aku segera mengatakan hal ini kepada kakak ku. Aku mengatakan “kak apakah tempat ini pernah keluar di siaran tv di singapura” lalu kakak ku menjawab “ iya, tempat ini pernah keluar dari siaran tv singapura”. Setelah aku mengerti demikian rupa, aku langsung berfoto-foto, tapi waktu berfoto-foto di per singkat kan, karena masih banyak tempat yang harus aku pergi.
Siang harinya aku pergi ke tempat patung buddha di atas gunung yang suhunya sangat dingin dan di dalamnya memiliki sejarah-sejarah yang enak sekali di dengarnya.Dan yang aku tau Patung buddhis ini sangat populer di hongkong karena sudah ada di siarkan di tv. Setelah aku mengunjungi patung buddha itu, paman aku bersembahyang. Selanjutnya aku pergi makan chai “ yang dinamakan makanan yang berupa sayuran”. Setelah selesainya aku makan chai, aku pergi ke tempat yang penuh berupa patung artis di dunia ini, walaupun aku hanya berada di hongkong.aku berfoto-foto dan mengunjungi tempat itu hingga sampai malam. Pada malam harinya setelah aku tiba di hotel aku berjalan-jalan lagi ke mongkok tanpa dampingan buk marry, ini adalah waktu bebas aku. Setelah tiba di mongkok aku segera berbelanja baju, tas dan lain sebagainya untuk oleh-oleh sepupu yang di indonesia. Yang membuat aku heran sekali yaitu “kenapa orang hongkong itu mudah menawarkan harga barang yang dijualnya”. Waktu sudah larut malam saatnya aku pulang ke hotel untuk tidur.

Besok harinya HARI KEEMPAT DI HONGKONG.
Aku pada pagi harinya sarapan di restoran hotel bersama ayah, ibu, kakak, abang, dan paman. Ibu aku mengatakan “mengapa Orang bulek itu mukanya merah-merah y”, nah… ini lah yang membuat aku tertawa, aku menjawab “ma ini kan orang bulek bukan orang indonesia”.Setelah sarapan, aku pergi berjalan-jalan mengelilingi hongkong dan siang harinya aku sudah tiba di disnayland. Ini lah yang membuat aku tunggu-menunggu karena aku ke hongkong asyik pengennya ke disnayland karena ini baru pertama kali aku ke disnayland.
Setelah tiba di disnayland aku melihat upacaranya dan kakak aku mengatakan “dek biar cece yang foto kan bagus-bagus y” lalu aku y jawab “iya… ce”. Kemudian aku pergi ke tempat bermain.Tiba-Tiba Oh tuhan… kenapa aku masuk ke hotel hantu. Y… apa boleh buat, terpaksa aja main. Aku di dalam hotel sambil teriak-teriak tapi aku melihat abang aku tidak teriak,biasa-biasa aja wajahnya, ini yang membuat aku aneh.setelah keluar dari hotel hantu aku ketawa-tawa karena pikir kembali lucu-lucu juga.aku bermain di disnayland hingga malam dan melihat bunga apinya yang indah. Setelah bunga apinya habis aku pulang ke hotel, ini lah yang membuat aku ingat selalu dan tidak akan ku lupakan pengalaman ini.

Besok harinya HARI TERAKHIR DI HONGKONG
Waktunya sudah tiba, aku tidak menyangka waktu ini cepat berlalu dan dengan rasa rindunya aku, aku harus mengemas hati aku. Tapi hendaklah hati aku merasa gembira karena aku sudah mendapat pengalaman yang tidak akan ku lupakan. Tepat pukul 09.45a.m aku sudah di bandara internasional hongkong, Dengan menaiki pesawat pukul 11.15a.m.
AKU harus membawa kebahagiaan pulang ke indonesia dengan wajah senyuman.